Kakak kakak dari TauDariBlogger siap ikuti seminar(dokpri)
Komunitas
TauDariBlogger membawa penulis menuju sebuah gedung megah di kawasan Karet
Jakarta, sebuah gedung kembar bernama Sampoerna Strategic Square. Cukup mudah
mencari gedung ini, cukup berhenti di halte TJ dan berjalan sedikit maka gedung
pun akan mudah di temukan. Meski acara belum di mulai namun para peserta sudah
memadati ruangan The Function Room North Tower Lantai 3A. Kakak kakak dari TDB
pun terlihat dalam formasi lengkap meski ada beberapa yang hadir.
Beberapa jenak kemudian pembawa acara memulai seminar
yang bertajuk” Seminar Digital Marketing
Untuk UKM”. Satu hal yang menggugah adalah saat MC menyuruh peserta berdiri
untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebuah penghargaan yang
begitu istimewa bagi kebanggaan untuk Indonesia, acara pembuka cukup memikat
karena MC mencairkan suasana dengan api semangat, dan itu tertular kepada
peserta seminar yang terlihat antusias mengikuti acara yang mengupas sisi lain
UKM menghadapi era digital. Beberapa nara sumber di hadirkan menambah wawasan
penulis akan pentingnya memanfaatkan teknologi digital untuk menjaring
pelanggan di era digital.
Era Digital
Adalah Keniscayaan Dan Hadapi Dengan Cerdas
Pak Ong Tek Tjian memberikan kata sambutan(dokpri)
Bapak Ong Tek
Tjan, Direktur UKM,funding,FI&Jaringan kantor yang memberikan kata sambutan
dan beliau senang dengan antusiasme peserta dan berharap UKM makin mengokohan
eksistensinya agar di era digital UKM bisa mencari celah mendapatkan
penghasilan lebih di banding dengan berbisnis secara konvensional. Setelah itu
hadir pembicara pertama yakni Pak Tekwie yang merupakan owner dari Tekwie
Network, Pak Tekwie membesut cara UKM untuk bisa meraih penghasilan dengan
memanfaatkan teknologi digital karena sekarang memang momentumnya.
Media media sosial seperti facebook, instagram maupun
twitter merupakan basis untuk bisa ‘bertempur’ untuk memasarkan produk dengan
tema”Merencanakan&Membangun Website Yang Efektif”, tema bernas ini
memaparkan membahas bagaimana meningkatkan laba dn omset secara langsung,
selain itu Pak Tekwie memberikan jurus jitu bermain internet marketing, salah
satu taktik untuk bisa memenangan pertempuran di era digital adalah utilitas
teknolgi digital untuk membangun kualitas diri.
Tips lain dari Pak Tekwie adalah tentang pemanfaatan Google Adsword yang di
hitung per click, dengan hitungan yang sederhana,adqords biaya iklannya yakni
per klik. Jika sudah memiliki kepercayaan diri untuk terjun di UKM maka sudah
saatnya memanfaatkan usaha kita untuk bisa d eksis di dunia digital dan peluang
peluang tersebut selalu ada dan kita bisa mengoptimalkan agar UKM yang kita
kelola melejit.
Sahabat Mitra
Sejati, Sahabat Bagi Semua Orang
Koperasi adalah soko guru dari perekonomian Indonesia
namun perannya seperti terlupakan, Bank Sampoerna sangat mendorong tumbuh
kembangnya pergerakan koperasi. Dalam Seminar Digital Marketing Untuk UKM hadir
Kang Ceppy Gana Mulyana yang merupakan
ketua Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati.
Tahap awal Bank Sampoerna mencoba melakukan pendekatan
pendekatan pemain star up untuk membangun kekuatan agar star up dapat tumbuh
dengan kekuatan sendiri, fokus dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati
untuk pengusaha mikro dan UKM, langkah ke depan menguji coba sistem percontohan
bisnis tradisional menuju sistem digital. Pada kenyataannya memang saat ini,
data di tahun 2015 bahwa pengguna internet di Indonesia menembus angka 73 juta
pengguna dan ini merupakan pasar potensial.
Kehadiran Bank Sampoerna dan Koperasi Simpan Pinjam
Sahabat Mitra Sejati terus berupaya untuk selalu dekat dengan pengusaha kecil
dan menengah agar tetap berkembang sebagaimana mestinya, sebagai koperasi
nasional, koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra sejati telah menyebar di hampir
pulau pulau besar di Indonesia meliputi pulau Jawa, Sumatera,Kalimantan,
Sulawesi serta Papua.
Semoga Bank Sampoerna yang saat ini memiliki titel dari
buku satu menjadi bank yang menyandang buku dua dari Bank Indonesia. Sinergi
Bank Sampoerna dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati kita harapkan
mampu mendorong pertumbuhan UKM di Indonesia.
DNA Orang
Indonesia Itu Juara, Jangan Ragu Untuk Berada Di Level Digital Marketing
Penulis diantara teman teman TDB, seminarnya keren nih(dokpri)
Terkadang keraguan masih melingkupi kita untuk memulai
berbisnis, apalagi tentang bisnis digital seperti asing kedengarannya, tetapi
bila kita pelajari lebih lanjut, di zaman dahulu pun bangsa Indonesia di kenal
sebagai bangsa pemberani, lautan luas di sebrangi, sebagai negara maritim telah
terbukti bahwa nenek moyang kita memiliki DNA keberanian, sudah saatnya era
kekinian pun seharusnya kita terus melatih diri untuk mampu bersaing dengan
negara negara lain, digital marketing memberi akses yang begitu luas, ini
merupakan peluang dan juga tantangan, apalagi Masyarakat Ekonomi ASEAN telah
bergulir, sudah saatnya bangsa Indonesia memegang peranan.
Bangsa Indonesia yang merupakan negara terbesar di Asia
Tenggara baik secara jumlah penduduk dan luas wilayah, merupakan pasar
potensial yang sayang bila kita hanya berdiam diri di saat yang lainnya telah
memulai. Seminar Digital marketing Untuk UKM memberi cakrawala berpikir baru
bagi penulis, bahwa kita pasti bisa menghadapi persaingan global. Terima kasih
untuk pihak Sampoerna dan juga Excellencia Indonesia yang telah memberikan
kesempatan berharga ini. Thanks juga bagi TauDariBlogger, pastinya kita bisa
merebut peluang di era digital,Bisa!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar