Pages

Rabu, September 28, 2016

Jurus Jitu UKM Hadapi Era Digital

                                   

                                         Kakak kakak dari TauDariBlogger siap ikuti seminar(dokpri)
        

  Komunitas TauDariBlogger membawa penulis menuju sebuah gedung megah di kawasan Karet Jakarta, sebuah gedung kembar bernama Sampoerna Strategic Square. Cukup mudah mencari gedung ini, cukup berhenti di halte TJ dan berjalan sedikit maka gedung pun akan mudah di temukan. Meski acara belum di mulai namun para peserta sudah memadati ruangan The Function Room North Tower Lantai 3A. Kakak kakak dari TDB pun terlihat dalam formasi lengkap meski ada beberapa yang hadir.
Beberapa jenak kemudian pembawa acara memulai seminar yang bertajuk” Seminar Digital Marketing Untuk UKM”. Satu hal yang menggugah adalah saat MC menyuruh peserta berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebuah penghargaan yang begitu istimewa bagi kebanggaan untuk Indonesia, acara pembuka cukup memikat karena MC mencairkan suasana dengan api semangat, dan itu tertular kepada peserta seminar yang terlihat antusias mengikuti acara yang mengupas sisi lain UKM menghadapi era digital. Beberapa nara sumber di hadirkan menambah wawasan penulis akan pentingnya memanfaatkan teknologi digital untuk menjaring pelanggan di era digital.

Era Digital Adalah Keniscayaan Dan Hadapi Dengan Cerdas

                                                Pak Ong Tek Tjian memberikan kata sambutan(dokpri)
  

Bapak Ong Tek Tjan, Direktur UKM,funding,FI&Jaringan kantor yang memberikan kata sambutan dan beliau senang dengan antusiasme peserta dan berharap UKM makin mengokohan eksistensinya agar di era digital UKM bisa mencari celah mendapatkan penghasilan lebih di banding dengan berbisnis secara konvensional. Setelah itu hadir pembicara pertama yakni Pak Tekwie yang merupakan owner dari Tekwie Network, Pak Tekwie membesut cara UKM untuk bisa meraih penghasilan dengan memanfaatkan teknologi digital karena sekarang memang momentumnya.
Media media sosial seperti facebook, instagram maupun twitter merupakan basis untuk bisa ‘bertempur’ untuk memasarkan produk dengan tema”Merencanakan&Membangun Website Yang Efektif”, tema bernas ini memaparkan membahas bagaimana meningkatkan laba dn omset secara langsung, selain itu Pak Tekwie memberikan jurus jitu bermain internet marketing, salah satu taktik untuk bisa memenangan pertempuran di era digital adalah utilitas teknolgi digital untuk membangun kualitas diri.
Tips lain dari Pak Tekwie adalah  tentang pemanfaatan Google Adsword yang di hitung per click, dengan hitungan yang sederhana,adqords biaya iklannya yakni per klik. Jika sudah memiliki kepercayaan diri untuk terjun di UKM maka sudah saatnya memanfaatkan usaha kita untuk bisa d eksis di dunia digital dan peluang peluang tersebut selalu ada dan kita bisa mengoptimalkan agar UKM yang kita kelola melejit.

Sahabat Mitra Sejati, Sahabat Bagi Semua Orang

Koperasi adalah soko guru dari perekonomian Indonesia namun perannya seperti terlupakan, Bank Sampoerna sangat mendorong tumbuh kembangnya pergerakan koperasi. Dalam Seminar Digital Marketing Untuk UKM hadir Kang  Ceppy Gana Mulyana yang merupakan ketua Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati.
Tahap awal Bank Sampoerna mencoba melakukan pendekatan pendekatan pemain star up untuk membangun kekuatan agar star up dapat tumbuh dengan kekuatan sendiri, fokus dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati untuk pengusaha mikro dan UKM, langkah ke depan menguji coba sistem percontohan bisnis tradisional menuju sistem digital. Pada kenyataannya memang saat ini, data di tahun 2015 bahwa pengguna internet di Indonesia menembus angka 73 juta pengguna dan ini merupakan pasar potensial.
Kehadiran Bank Sampoerna dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati terus berupaya untuk selalu dekat dengan pengusaha kecil dan menengah agar tetap berkembang sebagaimana mestinya, sebagai koperasi nasional, koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra sejati telah menyebar di hampir pulau pulau besar di Indonesia meliputi pulau Jawa, Sumatera,Kalimantan, Sulawesi serta Papua.
Semoga Bank Sampoerna yang saat ini memiliki titel dari buku satu menjadi bank yang menyandang buku dua dari Bank Indonesia. Sinergi Bank Sampoerna dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati kita harapkan mampu mendorong pertumbuhan UKM di Indonesia.

DNA Orang Indonesia Itu Juara, Jangan Ragu Untuk Berada Di Level Digital Marketing
                                         Penulis diantara teman teman TDB, seminarnya keren nih(dokpri)


Terkadang keraguan masih melingkupi kita untuk memulai berbisnis, apalagi tentang bisnis digital seperti asing kedengarannya, tetapi bila kita pelajari lebih lanjut, di zaman dahulu pun bangsa Indonesia di kenal sebagai bangsa pemberani, lautan luas di sebrangi, sebagai negara maritim telah terbukti bahwa nenek moyang kita memiliki DNA keberanian, sudah saatnya era kekinian pun seharusnya kita terus melatih diri untuk mampu bersaing dengan negara negara lain, digital marketing memberi akses yang begitu luas, ini merupakan peluang dan juga tantangan, apalagi Masyarakat Ekonomi ASEAN telah bergulir, sudah saatnya bangsa Indonesia memegang peranan.

Bangsa Indonesia yang merupakan negara terbesar di Asia Tenggara baik secara jumlah penduduk dan luas wilayah, merupakan pasar potensial yang sayang bila kita hanya berdiam diri di saat yang lainnya telah memulai. Seminar Digital marketing Untuk UKM memberi cakrawala berpikir baru bagi penulis, bahwa kita pasti bisa menghadapi persaingan global. Terima kasih untuk pihak Sampoerna dan juga Excellencia Indonesia yang telah memberikan kesempatan berharga ini. Thanks juga bagi TauDariBlogger, pastinya kita bisa merebut peluang di era digital,Bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar