Serunya Blogger Gathering bersama CNI(dokumentasi Nico Riansyah)
Adaptasi dan juga inovasi mungkin kata yang lebih tepat
untuk melukiskan cara PT Citra Nusa Insan Cemerlang bertahan dalam keriuhan
pemasaran dalam era digital. Nama besar CNI yang terus tumbuh dalam tiga dekade
terakhir, sebagai pemimpin pasar ketika booming bisnis Multi Level Marketing,
eksistensi CNI tak di ragukan lagi. Namun kini di saat kemudahan lalu lintas
informasi dengan di tandai posisi penting internet sebagai jembatan komunikasi,
maka inovasi pun di perlukan, hal ini ternyata mampu di adaptasi dengan cerdas
oleh CNI dengan mengembangkan Gerai CNI.com yang memberikan kemudahan bagi
konsumen serta anggota CNI untuk
melakukan pembelian produk produk CNI secara online di mana pun kemana pun.
Survey yang di laksanakan oleh Asosiasi Penyelenggara
Jaringan Internet Indonesia(APJII) sepanjang tahun 2016 menyebutkan bahwa 132,
7 juta penduduk Indonesia mempergunakan internet,untuk populasi sendiri
Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak 256,2 juta jiwa, angka ini
mengalami kenaikan 51,8 % di banding tahun 2014,dua tahun lalu pengguna
internet ‘hanya’ 88 juta. Penggunaan internet di dominasi penduduk yang bermkim
di pulau Jawa dengan jumlah pemakai internet sebesar 65 % atau setara 86,3 juta
penguna.
Adalah hal yang keren saat penulis mendapat undangan
spesial blogger gathering bersama CNI dengan tema yang cukup menantang yakni “ The Power of Sosial Media” dengan
nara sumber ciamik yakni Teteh Ani Berta yang di kenal sebagai blogger handal
dan juga Content Writer jempolan. Nara sumber lainnya adalah Mas Nico Riansyah
yang merupakan Digital Marketing Specialist.
Acara di buka oleh Mas Gusdi yang menjabat team promosi
dan marketing geraicni.com,pria humoris ini menyebutkan bahwa acara blogger
gathering ini sudah dua kali di adakan di Burger King, semoga saling kerja sama
di antara blogger dan CNI akan terus berlanjut, selain itu ada juga gimmick
yang berhadiah voucher MAP, tantangannya adalah siapakah blogger yang mempunyai
jumlah follower terbanyak, dan ternyata adalah pemenangnya yakni Mbak Yayat
dengan jumlah follower sebanyak 11 ribuan. Untuk pemenanglive tweet di rebut
oleh Kakak Arisman, selamat ya.
Menakar
Penjualan Di Era Digital, Membidik Pasar Generasi Z
Nico Riansyah membagi ilmu tentang digital media(dokpri)
CNI dengan akar sejarah perusahaan Multi Level Marketing di
masa lalu, kini menatap misi untuk terus bertahan dalam periode di mana
penjualan tak melulu dari mulut ke mulut, dalam periode sepuluh tahun terakhir
memang internet menjadi bagian penting kehidupan termasuk juga di tanah air
tercinta.
Digital Media menjadi tak terelakan, dari mulai gaya
hidup konvensional semisal ojek yang dulu hanya berkutat di pangkalan, sekarang
ojek mengandalkan kekuatan internet sebagai basis bisnis untuk menghubungkan
pelanggan, maka kita pun mengenal Go Jek, Grab Bike atau Uber yang berbalut
aplikasi via internet. Kini pun CNI tampil prima untuk melayani konsumen dengan
penjualan online, kemudahan berbelanja produk produk CNI kini lebih mudah di
geraicni.com.
Dulu untuk mendapatkan produk produk CNI paling tidak
harus kenal dengan orang yang memang member dari CNI, namun kini kemudahan
membeli produk CNI yang terdiri dari Health Food, Food & Beverage, Personal
Care& Cosmetic, House Hold serta Farming bisa di dapat dengan sistem
belanja online tanpa ribet dan tentunya prakis melalui geraicni.com. Maka
generasi Y yang memang lahir saat era internet booming, merupakan pasar
potensial yang telah siap dengan berbelanja dengan sistem online.
Cara Cerdas
CNI Memasarkan Produk Dengan Sentuhan Jari
E-commerece menjadi hal penting di era milenia seperti
sekarang ini, penetrasi internet memberikan peluang sekaligus tantangan, salah
satunya adalah mengenali karakter dan segmentasi pasar. Di setiap generasi
pastinya ada perbedaan karakter dan juga segmentasi pasar sehingga kita harus
jeli membaca peluang, sebagai contoh generasi 40 an pastinya berbeda dengan
generasi dua dekade setelahnya.
Kini pun generasi Z yang freak dengan gadget, bahkan ada
anggapan bahwa generasi ini lebih mendahulukan membeli paket data internet di
banding kebutuhan primer seperti makan, sehari tak ketemu internet rasanya nggak
enak banget gitu lho, generasi ini beranggapan bahwa teknologi sangat membantu
hidup mereka, kebebasan berekpresi dan independen mewarnai generasi Z ini.
Langkah mudah belanja online produk CNI cukup dengan
menggerakan jari, membeli produk CNI bukanlah sebuah kendala, namun bagaimana
cara berbelanja secara maksimal di geraicni.com perlu juga kita kulik agar
kenyamanan belanja bisa di dapat,beberapa langkah keren untuk berbelanja di
marih adalah,pilih produk yang kita inginkan cukup klik tombol “Beli”. Lalu
jangan lupa klik juga “View Cart” untuk melihat belanjaan kita, lantas akan
muncul daftar pembelian Anda,dan klik “Selesai Belanja” namun jika ingin ada
tambahan untuk membeli produk lain maka
klik “Belanja Lagi.”
Kemudian kita akan di minta untuk Register pada kolom
sebelah kanan, masukan email dan masukan password lalu konfirmasi password dan
klik Register. Jika ada pertanyaan “Apakah Anda Member CNI”? klik Ya jika kita
anggota CNI, dan klik Bukan jika kita konsumen biasa. Bila anggota CNI sila
masukan data pribadi berupa nomor ‘N’ berupa biodata yang terdaftar di CNI,
jika bukan anggota CNI maka isi data untuk informasi.
Bila data sudah tepat maka klik ‘Lanjut’. Bila bukan
anggota CNI silahkan memasukan nomor referensi anggota atau tekan tombol
bantuan nomor referensi. Setelah itu masukan alamat pengiriman produk,jika
alamat telah teraftar, maka klik ‘Cari alamat yang sudah ada’dan klik ‘Lanjut.’Jika
alamat sama dengan alamat penagihan,klik ‘Sama dengan di atas’.
Pilih metode pengiriman lalu klik ‘Lanjut’. Kemudian pilih
metode pembayaran sesuai keinginan dan klik ‘Selesai’. Lakukan konfirmasi
pembayaran dengan klik ‘Konfirmasi’,
jika pembayaran menggunakan kartu kredit, maka tidak perlu konfirmasi
pembayaran lagi. Setelahitu ada tampilan berupa ‘ History Pembelian’ klik
sesuai pemesanan yang dilakukan dan klik’Lihat’.
Isi konfirmasi pembayaran sesuai data bank transfer yang
kita lakukan, jika sudah sesuai maka klik ‘konfirmasi’. Setelah konfirmasi
Geraqi CNI akan mengirimkan email kepada konsumen bahwa pembayaran sudah di
terima gerai CNI dan akan segera di proses transaksi. Jika kita anggota CNI
akan mendapatkan e-billing sebagai bukti transaksi pembelian dan penghitungan
komisi,mudah bukan berbelanja di geraicni.com?
Kiat Sukses
Ani Berta Di Sosial Media
Teh Ani Berta dengan bersemangat menerangkan tentang sosial media(dokpri)
Sosial media menjadi hal yang sangat akrab dalam
kehidupan generasi milenial, tak di nyana ternyata sosial media memberikan
banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan
untuk saat ini gelar master untuk sosial media pun telah ada seperti di
Madrid School Of Marketing, Birmingham
City University. Meski di Indonesia gelar akademik untuk master media
sosial belum ada namun orang orang yang
akrab dengan media sosial begitu banyakdan salah satu nara sumber yang
berkompeten adalah sosok yang bernama Ani Berta.
Pada tahun 2012 Ani Berta memutuskan untuk berhenti dari
pekerjaan dan mantap menatap masa depan dengan menjadi penggiat sosial media,
dari hasil semua itu, beberapa waktu lalu Ani Berta mampu melunasi pembayaran
rumah secara kontan. Aura positif tentang sosial media ini lah yang di kuak
oleh Ani Berta bahwa jika bersungguh sungguh sosial media pun bukanlah hal yang
tabu untuk mendapatkan penghasilan.
Secara umum sosial media yang populer di gunakan adalah
facebook,google+, path, instagram, twitter. Menurut teh Ani Berta semangat
berbagilah yang membuat beliau terus bersemangat dalam menularkan pengalaman
beliau. Media media sosial sangat efektif untuk memberikan link tulisan blog
dan ini kiat yang di lakukan Ani Berta.
Optimasi sosial media dapat dilakukan dengan tentukan
tujuan, jaring follower, perbanyak interaksi,konten terjadwal, bikin rancangan
konten, isi dengan isue terkini, kreatif memadu padankan konten foto, tulisan
ataupun video dan setelah itu jangan lupa aktifkan analytics. Ada satu hal yang
perlu kita renungkan dalam bersosial media agar menciptakan kredibiltas dengan
tingkatan baik.
Uraian kredibilitas baik seperti tidak terpengaruh berita
bohong, tidak menjadi provokator,mengademkan suasana, teliti sebelum melakuan
retweet, regram ataupun reshare, pikirkan dulu sebelum menshare ke media
sosial. Langkah penting lainnya adalah bermedia sosial adalah memberi manfaat.
Bagaimana pun memang sosial media merupakan berbagi informasi seputar berita dan
promosi.
Semoga Ada
Sesi Lanjutan Blogger Gathering Bersama CNI
Dua nara sumber telah mengulas dengan sangat rinci
tentang digital media, beruntung penulis bisa hadir dan menyerap ilmu yang di
presntasikan oleh Mas Nico Riansyah dan juga Teh Ani Berta, dari blogger
gathering dapat di simpulkan bahwa eksistensi itu sangat pentingdi era sosial
media. Perusahaan dengan pengalaman selama 30 tahun pun mau beradaptasi dengan
cepat seiring perkembangan zaman.
CNI yang dulu kita kenal dengan sistem Multi Level Marketing
mulai sigap beradaptasi dengan perkembangan zaman,potret ini lah yang
selayaknya di apresiasi, bahwa untuk memenangkan pasar memang perlu sebuah
terobosan dan juga inovasi, terima kasih CNI yang telah memberikan kesempatan
kepada para blogger untuk bersua dan berbagi ilmu.
Makasih juga untuk Teh Ani Berta yang mau berbagi meski
kondisi kesehatannya sedang ada kendala namun tidak mengurangi untuk berbagi,
Semoga akan selalu ada blogger gathering di waktu yang akan datang, terima
kasih.
Terima kasih sudah hadir di acara ini ya Mas Topik :)
BalasHapus