Pages

Selasa, Juli 24, 2018

Poni Adi Bing Slamet Yang Melegendaris Nggak Bakal Terlupa

                                                     Poni legendnya Adi Bing Slamet(dokumentasi scaglink.blogspot.com)



         Sayang banget meski bocah bocah zaman now telah paham tentang penggunaan gadget sejak usia dini, namun mereka kering akan idola yang sepantaran dengan mereka, rasanya beruntung juga di saat dulu ada seorang penyanyi cilik yang begitu tersohor, yup penyanyi itu adalah Adi Bing Slamet. Seorang anak lelaki dari seniman besar Indonesia yakni Bing Slamet, meski pun juga saat itu tivi masih jarang, kaset pun menjadi barang yang mewah namun berkat berteman dengan Ance Sitompul yang memang berasal dari keluarga berada, maka menikmati nyanyian Adi Bing Slamet menjadi hal rutin setiap hari.

Kalau ngomongin idola saat dulu, saya pasti akan menyebut nama Adi Bing Slamet hehehe, apalagi potongan ala ala nya begitu terkenal. Dengan di cukur poni di depan maka sip banget deh udah kayak artis beneran wkwkwkwk. Saat itu potongan poni yang di populerkan oleh Adi Bing memang ngehits bener deh, belum lagi soal lagu lagu Adi Bing Slamet yang memang nuansa anak nya kena banget.

Dulu sih stock lagu anak banyak banget dah, nggak perlu dompleng lagu lagu dewasa kayak zaman sekarang, nggak rumit menghapal lagu tentang cinta cintaan yang memang bukan konsumsi anak anak. Lagu lagu zaman old bercerita tentang serunya ke sekolah, bersiap untuk menuntut ilmu dan meminta doa Bapak Ibu. Atau kisah kisah keseharian tentang hobi atau pun misalnya cerita hewan kesayangan.
Satu hal yang paling di ingat tentang lagu dari Adi Bing Slamet yakni lagu yang berkisah seorang nenek yang latahnya nggak ketulungan dan pasti setelah di kagetin maka sang nenek dengan spontan akan berkata “Eh copot...copot.” Entah judul lagunya apa tapi yang paling di ingat dari memori saya adalah omongan copotnya itu lho hihi. Inspirasi lagu lagu zaman dulu memang luar biasa. Bagi anak anak generasi 70 dan 80an tentu mengenal bintang bintang cilik lainnya namun yang paling bersinar seingat saya ada dua yakni Chica Koeswoyo dan Adi Bing Slamet.

Kekuatan lirik yang sederhana dan juga pemilihan musik yang gampang di cerna dan easy listening bagi anak anak merupakan kekuatan lagu lagu di zaman dulu, mungkin itu sebabnya lagu lagu tersebut everlasting, selalu ngangenin, pesan moralnya kena banget dan itu yang membuat lagu lagu di era dulu nggak norak dan alamiah untuk pemilihan diksi makna sehingga anak anak pun nggak perlu njelimet memaknai sebuah lagu.

Adi Bing Slamet adalah sosok artis yang termasuk serba bisa, darah seni yang mengalir merupakan warisan dari ayahnya yang memang seniman dengan multi talenta. Dan yang luar biasanya adalah Adi Bing Slamet mampu melupakan saat saat berduka ketika Bing Slamet pergi untuk selama lamanya, hidup tanpa bimbingan ayah ketika usia nya masih belia merupakan sesuatu yang berat tentunya dan Adi Bing Slamet mampu melewati masa masa bersedih di tinggal ayahnya.

Yup Adi Bing Slamet dengan khas potongan rambutnya yang berponi merupakan artis cilik favorit saya di waktu kecil, ketabahan Adi Bing Slamet menata kehidupannya dari dulu hingga sekarang merupakan satu hal yang patut kita renungkan, meski udah jadi artis dari dulu tapi Adi Bing Slamet tetaplah bintang yang bersahaja

3 komentar:

  1. Oh lagu Copot itu lagunya Adi Bing Slamet. Poninya lucu dan gemesij. Salam bang Topik,lama tidak berjumpa.

    BalasHapus
  2. Sekarang banyak juga anak kecil dengan model rambut begitu.

    BalasHapus
  3. Salam kenal, Mas Topik. Meskipun baru tahu Adi Bing Slamet saat sudah besar karena saya belum lahir waktu dia masih kecil (hehe), tapi sedikit tahu bahwa dia ini memang idola anak-anak pada masanya, terlepas dari nama besar ayahnya atau nggak, terbukti sih dia bisa punya nama. Kemajuan teknologi memang sulit untuk dibatasi dan nggak harus diratapi juga, sih. Jadinya, anak-anak sekarang lebih gampang akses banyak hal dan ruang ekspresi serta rujukannya sampe musik sekali pun jadi berkembang ngikutin zaman. Semoga aja muncul sosok-sosok baru yang inspiratif untuk anak-anak kecil zaman sekarang.

    BalasHapus