Pages

Selasa, Maret 05, 2019

Cerdas Memantapkan Pilihan Di Era Digital


                              Dari pasar tradisional menuju e-commerce, menuju kejayaan perdagangan offline dan online(dokpri)



      Tak dapat di pungkiri keberadaan jaringan internet telah begitu banyak mengubah gaya hidup manusia, semua bisa terkoneksi dan terhubung, yang auh menjadi dekat, dulu susah sekali menghubungi teman teman satu alumni, namun kini dengan kemajuan teknologi semua bisa merasakan manfaat. Tetapi memang kita mesti bijak pula menyortir segala hiruk pikuk yang di timbulkan dengan ragam informasi yang di dapat, tampaknya memang kita berada di satu masa kecepatan informasi begitu luar biasa.

Yang di perlukan adalah melihat sisi positif era digital, karena bagaimana pun juga semua yang kita alami saat ini tak bisa di hindari. Cerdas memilah dan pintar memilih sehingga arus informasi yang kita dapatkan mampu memberikan energi positif bagi kehidupan. Zaman memang telah berubah namun tetap attitude tetap di jaga. “Siapa kita di dunia maya” karena meski mungkin kita sering berada di media sosial misalnya, itu adalah pribadi diri sendiri. Perilaku santun tetap perlu meski di era digital.

Nah ngomong ngomong tentang internet, semakin banyak juga lho hal hal yang tak terduga dan kini menjadi trend setter, contohnya nih ojek. Bertahun tahun lalu kita mengenal ojek sebagai salah satu angkutan roda dua, biasanya mangkal secara bergerombol di tikungan atau pengkolan tertentu. Namun kini ojek bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi digital maka lahirlah ojek online yang kini ngehits di kota kota hingga pelosok desa. Kemudahan itu pula yang juga mampir dalam situasi jual beli.
Kini pasar bukan melulu berupa kios atau pun deretan toko toko, dengan handphone bisa lho bertransaksi, yup inilah realita yang kita rasakan saat ini, dalam hitungan detik, apa yang kita butuhkan bisa di dapatkan, finansial teknologi dihadapan kita, namun yang perlu kita perhatikan adalah kesiapan usaha kecil dan menengah mampukah beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Usaha Kecil Dan Menengah Dalam Derap Platform E-Commerce

Tetap optimis, sekecil pun peluang namun jika cerdas melihat situasi yang ada maka keuntungan pun bisa diraih, usaha kecil dan menengah saatnya melirik platform e-commerce, selain berdagang secara tatap muka secara konvensional, kini Usaha Kecil dan Menengah seyogyanya melirik pula penjualan via online. Ada sekitar 59, 3 juta yang berkecimpung di UMKM namun ternyata hanya 9% saja yang berani berjibaku berjualan secara online. Saatnya memang kemudahan akses internet memberikan keuntungan mumpuni karena dengan bisnis e-commerce segala kemungkinan bisa terjadi, ingat lho ya di jualan online nggak terkungkung tempat atau pun waktu, dengan gawai yang kita punya maka transaksi bisa di lakukan, ceruk pasar pun masih sangat besar, mungkin dalam hal ini pemerintah mampu memandu pelaku UMKM dengan regulasi yang menguntungkan.

Mantapkan Pilihan Berbisnis Dengan Marketplace

Mungkin kita sering banget mendengar kata marketplace, bukan melulu untuk gaya gayaan sok sokan nginggris nih hehe, nah dari marketplace pula denting rupiah bisa didapat lho. Marketplace itu sendiri berkumpulnya ribuan penjual dalam sebuah website, kita hanya perlu menyiapkan poto poto sebagai “etalase” dagangan yang kita jual,  Salah satu nama yang ngetop dan ngehits adalah Tokopedia. Marketplace yang satu ini terkenal dengan banyaknya pilihan produk, mulai grosir, pulsa, paket data,pembayaran listrik, voucher game, BPJS,PDAM, Telkom, TV Kabel.

Sudah banyak manfaat saat bergabung dengan Tokopedia lho, dengan bergabung dengan Tokopedia laksana mengawinkan dunia eceran offline dan juga online gitu deh.Dan yang lebih yahud tanpa perlu modal gede juga deh untuk menjadi mitra Tokopedia, yang penting adalah  berjiwa wira usaha dan serta ulet dan tekun, nanti juga ketemu rezekinya tuh. Promosiin aja dagangan yang akan kita jual dan anggap saja sebagai Promo Maret Mantap dan jangan lupa ngebet ngebet kalender nih hitung hitung nyari peluang dapetin cashback sepanjang Maret ini sebagai Kalender Promo Tokopedia.

Saatnya pilihan di tangan kita, era digital, saatnya memuliakan usaha kecil dan menengah karena kekuatan ekonomi nasional sejatinya berada di UMKM namun kita perlu juga memilih marketplace yang tepat ya.




               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar