Dari pasar tradisional menuju e-commerce, menuju kejayaan perdagangan offline dan online(dokpri)
Tak dapat di
pungkiri keberadaan jaringan internet telah begitu banyak mengubah gaya hidup
manusia, semua bisa terkoneksi dan terhubung, yang auh menjadi dekat, dulu
susah sekali menghubungi teman teman satu alumni, namun kini dengan kemajuan
teknologi semua bisa merasakan manfaat. Tetapi memang kita mesti bijak pula
menyortir segala hiruk pikuk yang di timbulkan dengan ragam informasi yang di
dapat, tampaknya memang kita berada di satu masa kecepatan informasi begitu
luar biasa.
Yang di perlukan adalah melihat sisi positif era digital,
karena bagaimana pun juga semua yang kita alami saat ini tak bisa di hindari.
Cerdas memilah dan pintar memilih sehingga arus informasi yang kita dapatkan
mampu memberikan energi positif bagi kehidupan. Zaman memang telah berubah
namun tetap attitude tetap di jaga. “Siapa kita di dunia maya” karena meski mungkin kita sering berada di media sosial
misalnya, itu adalah pribadi diri sendiri. Perilaku santun tetap perlu meski di
era digital.
Nah ngomong ngomong tentang internet, semakin banyak juga
lho hal hal yang tak terduga dan kini menjadi trend setter, contohnya nih ojek.
Bertahun tahun lalu kita mengenal ojek sebagai salah satu angkutan roda dua,
biasanya mangkal secara bergerombol di tikungan atau pengkolan tertentu. Namun
kini ojek bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi digital maka lahirlah
ojek online yang kini ngehits di kota kota hingga pelosok desa. Kemudahan itu
pula yang juga mampir dalam situasi jual beli.
Kini pasar bukan melulu berupa kios atau pun deretan toko
toko, dengan handphone bisa lho bertransaksi, yup inilah realita yang kita
rasakan saat ini, dalam hitungan detik, apa yang kita butuhkan bisa di
dapatkan, finansial teknologi dihadapan kita, namun yang perlu kita perhatikan
adalah kesiapan usaha kecil dan menengah mampukah beradaptasi dengan
perkembangan zaman.
Usaha Kecil
Dan Menengah Dalam Derap Platform E-Commerce
Tetap optimis, sekecil pun peluang namun jika cerdas
melihat situasi yang ada maka keuntungan pun bisa diraih, usaha kecil dan
menengah saatnya melirik platform e-commerce, selain berdagang secara tatap
muka secara konvensional, kini Usaha Kecil dan Menengah seyogyanya melirik pula
penjualan via online. Ada sekitar 59, 3 juta yang berkecimpung di UMKM namun
ternyata hanya 9% saja yang berani berjibaku berjualan secara online. Saatnya
memang kemudahan akses internet memberikan keuntungan mumpuni karena dengan
bisnis e-commerce segala kemungkinan bisa terjadi, ingat lho ya di jualan
online nggak terkungkung tempat atau pun waktu, dengan gawai yang kita punya
maka transaksi bisa di lakukan, ceruk pasar pun masih sangat besar, mungkin
dalam hal ini pemerintah mampu memandu pelaku UMKM dengan regulasi yang
menguntungkan.
Mantapkan
Pilihan Berbisnis Dengan Marketplace
Mungkin kita sering banget mendengar kata marketplace,
bukan melulu untuk gaya gayaan sok sokan nginggris nih hehe, nah dari marketplace
pula denting rupiah bisa didapat lho. Marketplace itu sendiri berkumpulnya
ribuan penjual dalam sebuah website, kita hanya perlu menyiapkan poto poto
sebagai “etalase” dagangan yang kita jual, Salah satu nama yang ngetop dan
ngehits adalah Tokopedia. Marketplace yang satu ini terkenal dengan banyaknya
pilihan produk, mulai grosir, pulsa, paket data,pembayaran listrik, voucher
game, BPJS,PDAM, Telkom, TV Kabel.
Sudah banyak manfaat saat bergabung dengan Tokopedia lho,
dengan bergabung dengan Tokopedia laksana mengawinkan dunia eceran offline dan
juga online gitu deh.Dan yang lebih yahud tanpa perlu modal gede juga deh untuk
menjadi mitra Tokopedia, yang penting adalah berjiwa wira usaha dan serta
ulet dan tekun, nanti juga ketemu rezekinya tuh. Promosiin aja dagangan yang akan kita jual dan anggap saja sebagai Promo Maret Mantap dan jangan lupa ngebet ngebet kalender nih hitung hitung nyari peluang dapetin cashback sepanjang Maret ini sebagai Kalender Promo Tokopedia.
Saatnya pilihan di tangan kita, era digital, saatnya memuliakan usaha kecil dan menengah karena kekuatan ekonomi nasional sejatinya berada di UMKM namun kita perlu juga memilih marketplace yang tepat ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar