Pages

Kamis, Juli 25, 2019

Instalasi Seni Getah Getih Dipasang Maupun Dibongkar Tetap Jadi Berita

              Instalasi seni getah getih saat menyambut helataan Asian Games 2018(dokpri)

Ketika helatan Asian Games tahun 2018 dan Jakarta menjadi kota penyelenggara bersama Palembang, instalasi Getah Getih turut menyemarakan pesta olah raga terbesar di benua Asia. Sebuah karya seni yang terbuat dari bambu dan terletak di Bundaran Hotel Indonesia, pro kontra pun terjadi saat instalasi Getah Getih mejeng di ibu kota, dengan anggaran mencapai setengah miliar yang digelontorkan dari APBD DKI Jakarta, harga tersebut terbilang mahal menurut yang kontra dengan pemasangan karya seni hasil kreasi anak bangsa yang merupakan karya Joko Avianto.

Asian Games usai dan Indonesia sukses sebagai tuan rumah dan mendulang prestasi yang membanggakan karena meraih medali emas sebanyak 31 keping dan bertengger di posisi ke empat.

Berakhirnya Asian Games bukan berarti instalasi seni Getah Getih berakhir, konon menurut yang kontra, karya seni bambu yang ditopang oleh 73 tonggak bambu ini malah mirip orang yang sedang bersenggama jika dilihat dari ketinggian. Tak henti hentinya gubernur DKI Jakarta di nyinyirin, di bully dengan adanya instalasi Getah Getih ini.

Di perkirakan Getah Getih mampu bertahan selama enam bulan, namun takdir berkata lain, Getah Getih eksis menemani warga Jakarta sebagai sebuah karya seni yang unik namun menuai pro dan kontra.

Dan pada tanggal 17 Juli 2019, instalasi Getah Getih dibongkar, beruntung penulis sempat melihat dari dekat karya ini pada tanggal 18 Agustus 2018 saat kota Jakarta menyambut pembukaan Asian Games.

Ternyata ketika dipasang maupun di bongkar, karya seni Getah Getih mengundang pro dan kontra, yang jadi menarik ketika dicermati bahwa pro dan kontra tentang karya seni Getah Getih yang ramai di media sosial dengan adu argumen antar netizen, ujung ujungnya tentang pilihan politik juga, membandingkan karya gubernur dan mantan gubernur, jadi deh ramai media sosial.

Terlepas dari itu semua, Getah Getih yang terbuat dari bambu memberikan pelajaran penting yakni bahwa pohon bambu yang banyak berada di desa desa itu, bisa menjadi karya seni yang patut diapresiasi lho


Tidak ada komentar:

Posting Komentar