Pages

Rabu, November 27, 2019

Seberapa Penting Agnez Mo berdarah Indonesia?


              Agnes Mo ketika dalam wawancara Build Series(dok: Instagram @agnesmo)
    

Mulutmu harimaumu begitulah pepatah yang kerap di ungkapkan orang tua dahulu, dan kalimat ini menjadi sebuah petuah bijak. Dengan ucapan saat wawancara Build Series dan Agnes Mo menjadi nara sumbernya, ada pernyataan Agnes Mo bahwa dirinya darah Indonesia dan hal ini sontak mendapat kecaman dari para netizen, ada juga yang pro dengan sikap Agnes Mo tersebut dan mereka menyatakan bahwa apa yang di ucapkan mantan penyanyi cilik itu seharusnya di lihat secara utuh bukan sepotong sepotong.

Namun viralnya pernyataan Agnes Mo menjadi sebuah hal yang menarik untuk kita simak, ada beberapa artis Indonesia yang mencoba peruntungan untuk bisa eksis di panggung internasional, menembus blantika entertainment dengan kiblat utama negeri Paman Sam memang perlu misi yang kuat, mental baja dan juga ketekunan dan mungkin faktor hoki?

Ada memang artis Indonesia yang bisa disebut benar benar Go Internasional yakni Anggun C Sasmi, meski saat ini bukan lagi sebagai warga negara Indonesia namun Anggun tetap menyatakan bahwa ia mencintai Indonesia dan berasal dari Indonesia. Pernyataan Agnes tentang asal usulnya dan tidak menyebutkan darah Indonesia adalah hak dia sebagai seorang pribadi, biarlah itu sebagai opini dan mungkin bagian dari strategi untuk menaikan popularitas, ini mungkin lho.

Namun berbicara tentang sebuah popularitas dan kemudian di ikuti pencapaian pribadi seseorang apakah bisa di kaitkan dengan status kewarganegaraan yang ia sandang? Andaikan Agnes Mo mendapat award ketika lagu lagunya merajai chart, Indonesia sebagai sebuah bangsa akan di untungkan? Sebuah pernyataan menarik dari seorang blogger nih yang juga teman penulis, dalam sebuah postingannya di facebook, kawan saya bernama Bang Yos Mo memberikan data yang bikin kita merenung kembali tentang sebuah pencapaian prestasi.

Selama ini kita sering mendapatkan gembar gembor tentang pencapaian Agnes Mo di permusikan dunia, namun dari sudut yang unik dan menarik, Yos Mo menuliskan bahwa sepanjang tahun 2019, ada artis Indonesia yang pencapaiannya jauh mengungguli Agnes Mo, di tilik dari kepopuleran vido mereka saat hadir di You Tube. Seperti video musik Nella Kharisma yang di tonton hingga 1,8 miliar di seluruh dunia, Video Via Vallen di tonton lebih dari 500 juta viewer, video Andmesh Kamaleng di tonton 452 juta atau grup band Armada yang mampu mendulang 309 juta view. Bandingakn dengan video Agnes yang “hanya” di tonton 70 jutaan view. Selain itu di Spotify lagu Via Vallen malah mampu mempecundangi lagunya Agnes Mo.

Pro kontra memang sudah biasa, semakin populer maka semakin besar pula tantangannya, bagi sebagian orang pernyataan Agnes Mo mungkin terasa arogan karena tidak mengakui dirinya sebagai orang yang berdarah Indonesia, mungkin kita juga sih sebagai netizen yang agak baperan gimana gitu. Suksesnya Agnes Mo dan sehebat apa pun pencapaian yang ia dapatkan tak serta merta memberi pengaruh signifikan lho sebenarnya bagi Indonesia, apakah jika Agnes Mo mendapat Grammy misalnya ekonomi Indonesia akan membaik misalnya? Belum tentu juga bukan.

Ayolah kita nikmati saja apa yang akan di lakukan Agnes Mo, tapi yang jelas Agnes Mo hingga saat ini belum melepaskan kewarganegaraan Indonesia, jadi kita masih bisa santuy dong, semoga saja di waktu yang akan datang, ada artis Indonesia yang Go Internasional namun tetap membumi dan tahu akan asal usulnya sebagai warga Indonesia, setuju nggak sih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar