Pages

Kamis, Oktober 24, 2019

Menunggu Sejarah Emas Sepak Bola Di Sea Games 2019


  Timnas U23 meretas jalan menjadi juara di Sea Games Manila 2019(dok:foxsport.co.id)



Trio pelatih Anatoli Polosin, Vladimir Urin serta Danurwindo mempersembahkan emas buah bibir di ajang multi event Sea Games 1991, itulah prestasi terakhir yang di cetak timnas di ajang regional. Setelah itu tim merah putih hanya bisa menjadi spesialis runner up atau juara kedua dan tak pernah merengkuh medali tertinggi, mempersembahkan medali emas.

Dua puluh delapan tahun berselang setelah Ferril Raymond Hattu dan kawan kawan mempersembahkan emas bagi Indonesia di cabang sepak bola, timnas U23 kini seakan memutar kembali jarum sejarah, Egi Maulana Vikri menuju helatan Sea Games ke 30 yang akan di gelar di Manila pada tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019.

Tim besutan Indra Syafrie berada di grup B bersama Thailand, Singapura, Vietnam, Laos dan Brunei Darussalam. Di atas kertas dua negara seperti Laos dan Brunei Darussalam bisa diatasi, kewaspadaan sangat mungkin ketika harus berjibaku dengan Vietnam dan juga Thailand, untuk Singapura mungkin kans bisa menang ataupun seri.

Lawan terberat tentu saja adalah Thailand, negeri Gajah Putih ini memang mendominasi prestasi cabor sepak bola, sejak tahun 2001 hingga helatan Sea Gamed 2017, Thailand selalu menjadi juara.

Akankah tuah Manila terulang setelah dua puluh delapan tahun berlalu, kerinduan menjadi juara sepertinya akan selalu ada bagi timnas U23, apalagi memang di ajang Sea Games secara keseluruhan yang mempertandingkan banyak cabor, prestasi Indonesia kurang menggembirakan.

Terakhir Indonesia juara umum Sea Games saat menjadi tuan rumah di tahun 2011, namun saat itu tim sepak bola tak mendapat medali emas karena kalah di final melawan Malaysia dalam drama adu tendangan pinalti.

Meski dalam daftar perolehan medali, cabang olah raga sepak bola hanya di hitung satu, namun medali untuk cabang sepak bola di anggap medali yang paling punya gengsi, namun sayangnya prestasi sepak bola Indonesia belum bisa menyamai lagi prestasi saat Sea Games 1987 dan 1991.

Akankah racikan Indra Syafrie mampu mengulang sejarah di Sea Games 1991, sudah terlalu lama prestasi sepak bola kering prestasi, timnas U23 memang di targetkan memboyong medali emas, mengingat berada di grup neraka, tampaknya perlu waspada juga.Ayo timnas U23 kamu bisa!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar