Pages

Kamis, November 21, 2019

Menikmati Terapi Bekam, Cara Lain Pengobatan Alternatif




                                          Proses pengobatan alternatif bernama bekam(dokpri)



Bila melihat pertama kali mungkin ada perasaan ngeri dengan cara pengobtan seperti ini, jarum di tusukan ke kulit dan darah pun keluar, titik titik bekam biasanya di punggung, bagian paha, betis, leher dan juga kepala, dalam bahasa Arab bekam di sebut hijamah. Konon media pengobatan ini sudah ada sejak dahulu kala, di zaman Nabi bekam pun telah dilakukan dan ada beberapa hadist yang menerangkan tentang bekam.Rasulullah  SAW bersabda” Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah(bekam)”(Muttafaq alaih).

Saat ini bekam di Indonesia sudah banyak dipergunakan sebagai metode pengobatan alternatif, teknik mengeluarkan darah dengan cara di vakum dan mempergunakan semacam cawan kecil adalah hal yang biasa di lakukan, penulis cukup sering melakukan bekam, biasanya jarak antara pengobatan bekam berselang satu bulan sekali, mula mulanya sih sedkit takut takut, jarum di tusuk tusukan ke punggung, jangan kan berkali kali, di suntik sekali saja rasanya gimana gitu.

Namun lama kelamaan ternyata di bekam oke oke saja sih, Cuma memang durasi bekam yang bisa mencapai satu jam, kita harus sabar mengantri. Nah acap kali proses antrinya ini yang bikin suntuk, dahulu sih kerap ngebekam, bukan beckham ya yang pemain sepak bola Inggris itu hihi, di lakukan di daerah Bekasi Timur. Kini malah ada tempat bekam di perumahan penulis jadi deh nggak perlu jauh jauh gitu. Ya sebenarnya teknik nya sama juga, di tusuk jarum namun sebelum itu terapis biasanya melakukan pijatan ringan di punggung  dan kemungkinan ini agar tubuh merasa rilek.

                               Suasana ruang dalam tempat bekam dan refleksi(dokpri)



Setelah jarum di tusukan maka terasa di punggung ada yang menyedot gitu dan setelah beberapa lama darah pun tertampung di cawan, si pasien biasanya tengkurap dan berada di dipan khusus. Pengobatan bekam konon datang ke Indonesia melalui pedagang Gujarat saat singgah ke Nusantara. Besar kemungkinan juga para bangsa Arab pun memperkenalkan teknik bekam di tanah air, seiring perkembangan zaman dan juga semakin maraknya tempat tempat bekam, pengobatan ini cukup populer bagi masyarakat.

Contohnya saat ini di komplek perumahan penulis sudah banyak tempat tempat bekam, salah satunya adalah Okky 4 yang melayani jasa bekam dan juga pijat refleksi, untuk pria dan wanita serta pijat untuk anak, mulai buka dari jam sembilan pagi hingga sekitaran jam sembilan malam. Tarifnya sih nggak terlalu mahal, untuk pijat refleksi dengan durasi tujuh puluh menit biayanya Rp 60.000, sedangkan untuk bekam di kisaran Rp 50.000. Kalau lebih hemat bisa coba paket bekam dan pijat dan harganya adalah Rp 100.000. Bagaimana mau mencoba untuk dibekam, dengan menggunakan terapi bekam darah kotor yang ada di tubuh kita akan terbuang, apalagi memang jika rutin, setelah di bekam badan pun terasa enak dan enteng.

Nah jika mau mencoba, lebih baik cari saja tempat tempat bekam di sekitaran rumah kita, acap kali terapisnya mau kok untuk di panggil dan bisa di bekam di rumah. Ada beberapa teknik bekam lho, ada yang bernama Chinese Cupping yang merupakan teknik bekam berasal dari negeri Tiongkok, ada juga Arabian Cupping, teknik ini populer di kalangan masyarakat di Indonesia, rasakan sensasi di bekam, dan rasakan manfaat pengobatan alternatif ini, menjaga kesehatan tentu lebih baik di banding dengan mengobatinya, setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar