Pages

Kamis, November 07, 2019

Risa Santoso Mencetak Rekor Sebagai Rektor Termuda Di Indonesia





Risa Santoso merayakan wisudanya bersama keluarga di University of California(dok instagram @santosorisa)



Sungguh sungguh dalam belajar, meraih fokus dan tujuan maka tak sia sia sebuah usaha, bahwa proses tak mengkhianati hasi. Mungkin itu bisa di sematkan kepada Risa Santoso yang pekan ini menjadi viral ketika dilantik menjadi rektor Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang pada tanggal 2 November 2019. Jabatan bergengsi di bidang pendidikan tinggi ini Risa raih ketika berumur 27 tahun, perempuan cantik ini lahir di Surabaya 27 Oktober 1992. Berarti ketika Risa Santoso dilantik menjadi rektor, saat usianya genap 27 tahun 6 hari dan di usia tersebut jabatan rektor ia emban, luar biasa!

Untuk urusan rektor termuda, ternyata selain Risa Santoso yang sekarang menjadi trending topik di media sosial. Sosok gubernur Provinsi DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan pun pernah di dapuk sebagai rektor termuda, Anies Baswedan yang lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969, menjadi rektor ketika berusia 38 tahun. Menjadi rektor Universitas Paramadina pada tanggal 15 Mei 2007. Ternyata dunia pendidikan Indonesia mampu memunculkan orang orang cerdas dan hebat, memegang amanah rektor justru ketika usianya masih muda.

Risa Santoso pernah mengenyam pendidikan S1 nya di University of California, Berkeley di bidang Ekonomi dalam rentang tahun 2012-2014. Kemudian Risa Santoso melanjutkan jenjang pendidikannya untuk Strata 2 di Harvard University Graduate School of Education pada tahun 2014-2015, saat mengikuti kuliah S2 ini, Risa Santoso mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan(LPDP), untuk mendapatkan beasiswa LPDP bukanlah hal yang mudah karena seleksinya pun ketat dan orang orang terpilihlah yang mendapatkan beasiswa bergengsi ini.

Sungguh beruntung bagi Risa Santoso, keenceran otaknya mampu membuat dirinya merasakan kuliah di dua kampus terkenal, sesuatu yang membuat kita sebagai warga negara dan juga warga netizen Indonsia merasa kagum dengan pencapaian Risa Santoso. Sebelum di lantik menjadi rektor, Risa Santoso pernah menempati pos sebagai salah satu staf di Kantor Staf Keprsidenan(KSP) selama kurang lebih 1,5 tahun. Tak serta merta Risa Santoso menjadi orang nomor satu di kampus Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang karena sebelumnya ia pun bekerja di tempat yang sama selama 2 tahun.

Semakin banyak orang Indonesia seperti Risa Santoso, dunia pendidikan Indonesia pastinya akan di untungkan karena semakin banyak hadir orang orang cerdas yang nantinya akan membagikan ilmu terbaiknya bagi para mahasiswa sehingga ke depannya, para mahasiswa mampu berbicara banyak dan bersaing dengan mahasiswa lainnya dari manca negara.

Risa Santoso selain mematahkan rektor termuda yang pernah di sandang Anies Baswedan pada tahun 2007, ia pun ternyata mengalahkan rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Riki Saputra. Pada bulan Februari 2019, Riki Saputra di lantik menjadi rektor UMSB saat usianya menginjak 36 tahun. Muda usia dan berbakat, jabatan rektor pun di emban adalah kombinasi yang begitu pas. Viralnya Risa Santoso di sosial media memberikan dampak positif, paling tidak kaum milenial tahu bahwa ada sosok wanita muda yang mempunyai pencapaian luar biasa ketika usianya masih begitu muda.

Selamat untuk Risa Santoso yang saat ini telah resmi menjadi rektor di Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang, menunggu gebrakan selanjutnya di kampus ia pimpin, semoga akan hadir pula para pemuda pemudi yang memiliki prestasi gemilang, maju terus dunia pendidikan Indonesia, kita pasti bisa untuk menggapai cita cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar