Pages

Jumat, Juli 27, 2018

Teamwork Itu Untuk Saling Melengkapi Bukan Menonjol Sendiri



                                         Semangat kebersamaan menjadi kunci agar teamwork berjalan mulus(dokpri)

      
Hai apa kabar pembaca, yup kali ini kita mau ngomongin soal teawork atau kerja sama di dalam tim, namannya juga kerja sama yang pasti di butuhkan beberapa orang dong, kalau sendirian ya individual, kalau rame rame satu tim. Namun ada kalanya teamwork berjalan di tempat, goal setting pun terasa lambat di raih, nggak ada sesuatu yang bisa di harapkan meski memang di lakukan secara bersama sama. Apa sih kendalanya? Kok bisa ya kerja sama yang melibatkan beberapa orang malah persolan bukannya tambah terselesaikan tapi nambah masalah baru.

Di titik ini kita perlu merenungkan kembali, apakah kita memberi kontribusi terhadap tim atau malah menjadi biang keladi kegagalan karena keukeuh mempertahankan apa yang menjadi pendapat pribadi sehingga akhirnya apa yang telah terencanakan malah menjadi sia sia. Kunci utama agar teamwork berjalan lancar adalah dengan cara kita bisa melebur ke dalam tim dan saling bersinergi.

Meski pun kita menonjol di tim bukan berarti harus mengatur tim sesuai keinginan kita lho, setiap pribadi di dalam tim adalah individu individu yang memiliki keunikan, ke khasan yang tak bisa di seragamkan, dan ini sebenarnya kunci bahwa apa yang di cita citakan bersama tim bisa cepat terwujud. Orang lain dalam satu tim tentu akan menaruh respek jika kita tetap rendah hati meski kemampuan kita lebih menonjol, sebaliknya orang pun akan merasa eneg jika kita seakan akan lebih powerfull, dominan dan menonjolkan diri secara berlebihan seolah olah yang paling pintar itu kita lho.

Setiap orang akan berharap bahwa dengan sebuah teamwork maka kesempatan berkembang, kesempatan meraih prestasi bisa di kejar tanpa harus saling menjatuhkan. Nikmatnya keberhasilan dalam satu tim bisa di rasakan bersama sama. Mungkin sepak bola menjadi contoh paling oke dalam penerapan teamwork. Bagaimana seorang Lionel Messi misalnya yang notabene mega bintang, tanpa sokongan dari rekan rekannya tak berarti apa apa. Kekompakan merupakan kunci lain agar teamwork berjalan dengan semestinya.

Bila kini para pembaca sedang mengerjakan project, mengupayakan keberhasilan dengan melibatkan banyak orang. Lebih baik kita merenungkan kembali, dan mengkalkulasi rencana bersama teman teman agar apa yang kita inginkan bisa terwujud. Hilangkan ego individu dan berjalanlah dengan cara cara elegan agar teamwork bisa berjalan mulus. Jangan sampai kita pula yang ternyata mengobrak abrik kerja sama gegara pengen terlihat menonjol dan mendikte tim dengan pendapat pendapat yang kita lontarkan dan harus di patuhi oleh teman teman di satu tim, ini mah keterlaluan sih hehe.

Kita di bekali oleh Sang Pencipta, ALLAH SWT dengan dua telinga dan satu mulut, sebuah pertanda bahwa semestinya kita lebih banyak mendengar di banding dengan berbicara. Saatnya di dalam tim, kita lebih banyak mendengar dan menyerap apa yang di bicarakan dan kemudian di terjemahkan dengan sebuah ucapan yang ringkas namun penuh makna sehingga tim pun merasa bahwa kita bagian dari kontribusi positif. Yuk ah biasakan memberi kesan positif di mana pun kita berada sehingga lawan bicara pun akan respek dengan apa yang di lakukan kita dalam sebuah tim.

Salam sukses dan mari kita upayakan yang terbaik bagi tim kita, dan teamwork pun berlangsung mulus serta membuahkan hasil yang memuaskan dan kerja sama pun saling menyenangkan di dalam sebuah tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar