Pages

Jumat, Desember 06, 2019

Derby Merseyside Dimenangkan Oleh Si Merah



                                   Origi dan Sadio Mane merayakan gol saat bertanding melawan Everton(dok:okezone.com)


Jumpa tim sekota selalu menjadi cerita tersendiri dalam dunia sepak bola, meski sama sama berasal dari satu kota namun masalah gengsi dan prestise akan selalu menjadi bumbu menarik dalam persaingan menuju tangga juara. Adalah pekan ke 15 Liga Inggris yang menyajikan derby seru, Liverpool berhadapan dengan Everton dan akan menjadi rivalitas yang abadi meski mereka sama sama dari Mersey yang memiliki luas 645 kilo meter persegi.

Dua klub ini bertemu pertama kali pada tanggal 13 Oktober 1894, memasuki pekan ke 15, derby Merseyside adalah perjumpaan Everton kontra Liverpool yang ke 234. Dari catatan tersebut Liverpool masih menyimpan catatan kemenangan dengan hasil 93 kali menang, 74 kali hasil seri dan 66 kemenangan di cetak oleh Everton. Pertemuan tim sekota antara Liverpool dan Everton selalu menjadi sebuah gengsi bagi kedua klub untuk menasbihkan siapa yang paling kuat di kota Liverpool. Catatan apik kemenangan memang milik Liverpool namun tetap saja Everton selalu mempunyai energi lebih jika bertemu dengan saudara sekotanya.

Di pekan ke 14, Everton dipecundangi Leicester dengan skor 2-1 di King Power Stadium dan di pekan ke 15, klub yang berjuluk The Toffes ini menghadapi Si Merah Liverpool yang hingga pekan ke 14 masih memimpin Liga Inggris. Pelatih Everton Marco Silva harus memutar otak agar mampu mengimbangi superioritas Liverpool yang saat ini sedang ganas ganasnya di Liga Inggris dengan meraih 13 kali kemenangan, melawan Liverpool di Anfield, pelatih asal Portugal ini menerapkan skema 5-4-1 dan menempatkan Dominic Calvert-Lewin sebagai penyerang tunggal di depan.

Namun ternyata duel di pekan ke 15 menjadi prahara bagi The Toffes, pertandingan baru berjalan enam menit, Divock Origi telah menjebol gawang Jordan Picford. Meski Juergen Klopp tak memasukan Jordan Henderson, Roberto Firmino dan Mohammad Salah dalam starter line up, namun penampilan The Reds tetap garang, bukti sahihnya adalah Origi mampu bermain baik dan berkontribusi dalam pertandingan. Pada menit ke 17, Liverpool menambah pundi pundi gol, adalah Xherdan Shaqiri yang mampu mencetak gol setelah mendapatkan umpan cantik dari Sadio Mane, Liverpool unggul 2-0.

Empat menit kemudian Everton mulai mengejar ketertinggalan setelah Michael Kane mampu mencetak gol di menit ke 21, untuk sementara Liverpool unggul 2-1. Tak berselang kemudian Origi mencetak gol keduanya dan membawa Liverpool menjauh dari Everton saat di menit ke 31 mampu menceploskan bola sehingga Liverpool unggul 3-1, di menit ke 45 Sadio Mane menambah gol ke empat Liverpool sehingga skor berubah menjadi 4-1. Saat injury time Everton memperkecil skor menjadi 2-4 setelah Richarlison mencetak gol.

Duel Merseyside akhirnya di tutup dengan gol Wijnaldum dan skor pun milik Liverpool dengan kemenangan 5-2. Kemenangan Liverpool atas Everton membawa dampak yang signifikan, raihan tiga point membuat Liverpool mengumpulkan 43 angka dan di posisi berikutnya adalah Leicester yang mendulang 35 point. Hasil positif Liverpool membawa rekor lain yakni mencetak rekor 32 kali tak terkalahkan di ajang Liga Inggris.

Namun Liverpool mesti tetap waspada, catatan statistik atau juga angka angka yang ditorehkan tak akan berarti jika The Reds belum menggapai titel juara di akhir musim. Masih ada 23 pertandingan yang mesti diselesaikan Liverpool, dalam sejarah EPL yang di mulai pada 20 Februari 1992, klub tersukses adalah Manchester United dengan raihan 13 gelar juara. Sedangkan Liverpool sejauh ini hanya berada di posisi runner up, ayo The Reds kamu bisa merengkuh juara tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar