Pages

Selasa, Februari 25, 2020

Pak Beye Pernah Angkat Trophy Piala Dunia


                            Presiden RI ke 6 mengangkat trophy Piala Dunia(dok:tempo.com)


Tampaknya timnas Indonesia tidak akan bisa menjadi peserta Piala Dunia 2022 di Qatar, mengingat ketatnya persaingan antar negara dan juga memblenya penampilan skuad merah putih di kualifikasi Zona Asia Grup G, harus bersabar jika ingin menyaksikan timnas Indonesia untuk bisa mencicipi atmosfir Piala Dunia, kemegahan atraksi bintang bintang dunia di ajang empat tahunan pernah dirasakan tim Indonesia tapi itu sudah lama sekali dan bukan nama Indonesia tapi Hindia Belanda, untuk nama Indonesia sendiri, pernah satu kali timnas hampir menuju Piala Dunia di Meksiko pada tahun 1986, sayang dalam pertandingan play off melawan Korea Selatan, Heri Kiswanto dan kawan kawan harus tersingkir.

Namun ada putra Indonesia yang pernah mengangkat trophy piala dunia, meski tidak berkecimpung di dunia sepak bola, nggak bisa ngegocek bola layaknya Muhammad Salah atau Kylan Mbappe namun sosok ini pernah menggenggam trophy yang merupakan impian setiap kapten sepak bola seluruh dunia. Piala Dunia yang di desain oleh seniman Italian bernama Silvio Gazzaniga, pria kelahiran Milan, 23 Januari 1921. Adapun ihwal trophy tersebut dibuat karena pada tahun 1970, negara Brasil untuk kali ketiga menjadi juara piala Jules Rimet.

Sesuai ketentuan siapa yang tiga kali meraih piala Jules Rimet maka negara tersebut berhak membumikan piala Jules Rimet dan Brasil lah yang menjadi negara beruntung tersebut, walau pada akhirnya piala itu pun hilang di negeri Samba. Mulai pelaksanaan Piala Dunia 1974 diperkenalkan piala baru dan dinamai sebagai World Cup, piala ini tak bisa dimiliki oleh negara mana pun karena system piala ini adalah bergilir, meski ada negara yang mencicipi menjadi juara lebih dari tiga kali tapi tetap tak bisa menyegel Piala Dunia untuk dimiliki selamanya,Piala Dunia. Kapten sepak bola pertama yang menggenggam Piala Dunia adalah Franz Beckenbauer yang memenangkan trophy di tahun 1975, setalah itu ada Daniel Passarella di tahun 1978 saat Argentina juara, giliran Dino Zoff meraih trophy pada Piala Dunia 1982, Maradona pernah berhasil meraih trophy pada tahun 1986, berturut turut kemudian Lothar Matteheus, Dunga, Didier Deschamps, Cafu, Fabio Cannavaro, Iker Casillas, Philipp Lahm dan terakhir Hugo Lloris yang membawa Perancis juara Piala Dunia di Russia.

Meski gagal di ajang kualifikasi tapi ternyata ada orang Indonesia yang mengangkat trophy Piala Dunia dan itu adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan Presiden Republik Indonesia yang ke enam. Pada tahun 2014 saat Tour Trophy World Cup singgah di Indonesia, kesempatan public tanah untuk menyaksikan langsung piala yang beratnya mencapai 4,96 kilogram ini. Namun yang sangat beruntung tentu saja adalah bapak presiden yang saat itu di jabat oleh SBY, meski bukan kapten timnas namun atmosfir angkat piala tentunya menadi moment yang tidak terlupakan.

Entah di tahun keberapa tim Indonesia mentas di Piala Dunia, atau jika ingin langsung masuk putaran final ya enaknya sih Indonesia jadi tuan rumah karena yang berhak lolos otomatis adalah tuan rumah, semoga saja semakin banyak stadion yang didirikan di Indonesia dengan standart FIFA tentu, mimpi lolos ke Piala Dunia pun pasti terwujud kalau jadi tuan rumah. Selamat untuk Pak Beye yang bikin iri kapten sepak bola dunia, semoga prestasi timnas Indonesia bisa lebih baik lagi, semoga saja begitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar