Pages

Sabtu, September 23, 2023

Koperasi Notowono dan DSA Mangunan Mengepak Pengembangan Wisata Hutan


      Desa Sejahtera Astra membuat warga Mangunan mengoptimalkan wisata hutan(sumber poto:harianjogja.com)


Hutan kerap disebut sebagai paru-paru dunia, hasil hutan serta keindahan, dan eksotisme hutan menarik seseorang untuk menjelajahinya. Otomatis sektor ekonomi, sektor pariwisata bergerak menyertainya. Hal ini menjadi peluang usaha bagi masyarakat di sekitar.


Koperasi Notowono merupakan sebuah koperasi yang mengelola jasa kawasan wisata hutan di Kelurahan Mangunan,Kecamatan Dlingo,Kabupaten Bantul. Adapun produk unggulan kawasan pedesaannya, yakni wisata, kriya, dan budaya.Sehingga masyrakat di sekitar semakib berdaya.


Bahwa korporasi tidak melulu profit oriented seperti PT Astra International Tbk yang telah berkiprah 66 tahun terus menyajikan program tanggung jawab sosial yang mengacu kepada empat pilar utama yaitu Astra Sehat(Kesehatan), Astra Hijau(lingkungan),Astra Cerdas(pendidikan)dan Astra Kreatif(kewirausahaa).


Kewirausahaan masyarakat menjadi hal yang perlu dikembangkan mengoptimalkan produk lokal sehingga pelaku usaha mikro kecil dan menengah semakin naik kelas koperasi Noto Wono menjadi Mitra pendamping bagi desa Sejahtera Astra yaitu Desa Mangunan, Desa Terong Desa Gilangharjo, Desa Triharjo, Desa Girirejo,Desa Bokoharjo,Dlk)esa Sambirejo dan Desa Banyusoco.


Dari Hutan Pinus Mangunan, memunculkan harapan bahwa produk karya anak bangsa akan menjadi kekuatan, menjulangkan kearifan lokal untuk hari ini dan masa depan Indonesia. Desa DSA Mangunan sangat cerdas mengoptimalkan tempat wisata sehingga mampu memikat 1.500 wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini setiap minggunya, tahu nggak sih guys pendapatannya bisa nembus 60 juta rupiah perbulan


Koperasi Notowono dan Desa Sejahtera Astra Mangunan adalah Sinergi ciamik, saat ini ada empat cluster product Desa Sejahtera Astra yakni wisata kriya, dan budaya perikanan pertanian dan olahan serta kopi. Desa Wangunan memiliki kedai kopi dengan pemandangan kawasan hutan.


 Para pengunjung bisa mendapatkan spot-spot cantik untuk ngopi. Koperasi Notowono kerja bareng untuk mengelola Hutan Lindung Resort Pemangku Hutan(RPH) Mangunan, oh iya namanya juga Koperasi kebermanfaatan untuk anggota adalah yang diutamakan selain mengelola jasa wisata ada juga pengembangan unit simpan pinjam.


Dari hutan kita telah banyak mendapatkan keuntungan, salah satu keuntungan yang nyata adalah hasil hutan, hutan pinus yang dulunya berupa bahan tandus, namun kini menjadi tempat wisata yang memantik rasa penasaran wisatawan. Huutan di Mangunan tidak ditanami Pinus saja, namun pohon Akasia, Mahoni, kemiri dan kayu putih, memberikan alternatif wisata berbasis flora di Kabupaten Bantul.


Menikmati udara sejuk Desa Mangunan, bahkan tempat ini kerap disebut “Negeri di atas awan”, gumpalan kabut berwarna putih, seakan jutaan kapas melayang. Bentang alam yang memikat, bila kita menuju puncak Kebun Buah Mangunan terasa berada di negeri dongeng. Indah memikat, nah jangan lupa untuk berburu aneka buah di sini, jenis buahnya yang beragam, paling tidak ada dua ratus jenis buah-buahan yang ditanam.


Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM), di Tahun 2022 UMKM di tanah air mencapai 8,71. Unit Desa Sejahtera Astra akan terus bergiat mendampingi UMKM, bahwa potensi permintaan di pasar domestik bisa tergarap. Seraya mengintip pasar baru di luar negeri, dengan melakukan ekspor. Bukti konkret adalah diekspornya produk unggulan DSA Mangun yaitu kerajinan bambu.


Desa Sejahtera Astra Mangunan tak ujug ujug hadir dan besar begitu saja, mereka telah mengalami jalan terjal, hingga hasil positif yang didapat, Mangunan saat ini, menjadi desa yang terus bersolek dan menjadi bagian dari Desa Sejahtera Astra pada tahun 2022.

     UMKM kian bertumbuh di DSA Mangunan(sumber poto:auto2000.id)



Kini penduduk Desa Mangunan memetik hasil yang telah mereka tanam, titel Desa Sejahtera Astra menjadi bukti kerja keras mereka. Semoga semakin banyak desa desa di tanah air menjadi Desa Sejahtera Astra, seperti desa Mangunan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar