Pages

Minggu, Februari 18, 2018

Mamang Mamang Tukang Adalah Pahlawan Yang Sering Terlupakan

                          Tukang Service keliling yang bisa benerin kompor dan mesin cuci(dokpri)



                    Betapa kita merasa bahwa kita membutuhkan bantuan orang lain adalah hal yang sangat perlu kita camkan, sehebat apapun kedudukan, sekaya apapun harta yang di punyai, secerdas apapun IQ nya namun bantuan orang sangat kita perlukan. Rasanya konyol saja bila ada orang merasa superior dan merendahkan orang lain bila hanya memandang pekerjaan yang di anggap hina, hmm seperti nggak butuh orang lain saja, padahal orang orang di sekitar kita lah yang sering membantu apa yang kita butuhkan.

Setiap hari ada saja seliweran orang orang yang menjajakan jas untuk memenuhi kebutuhan kita yang tak bisa kita kerjakan. Ada tukang sol sepatu, tukang jamu, tukang sayur. Dulu sih ada tukang patri keliling yang siaga membantu Emak Emak. Panci bolong bisa di tambal, wih kalau liat tukang patri rasanya keren banget gitu, dengan sebuah alat yang di pompa tangan dan ada efek api saat merekatkan kembali panci yang di tambal, rasanya asyik aja cara mereka bekerja. Namun sayang kini tukang patri yang menambal dandang atau pun panci sudah jarang di temui.

Saat ini tukang service masih ada lho, salah satunya adalah service kompor gas, sempat bingung kok kompor nggak nyala nyala, apakah gas nya yang kosong, tapi jarum di regulator menunjukan bahwa gas masih penuh, coba ngutak ngatik sambil googling tetap saja kompor nggak ada apinya. Akhirnya nunggu tukang service lewat depan rumah. Meski harus menunggu karena kadang datang kadang nggak, akhirnya ketika lewat di panggil juga. Dengan sigap si mamang tukang service mulai membongkar tuh kompor, kutak katik lalu ahaaa, kompor pun menyala kembali dengan api biru nya.

Begitu juga saat mesin cuci bermasalah, suara mesin bergemuruh, putaran lambat dan itu juga tersendat, wah alamat nyari tukang service juga deh, setelah di tangani si mamang mah eh mesin cuci lancar jaya gitu, asek dah. Mamang tukang memang jempolan untuk urusan memperbaiki, entah itu yang rusak mesin cuci, setrika atau pun kompor gas. Mereka sebenarnya pahlawan yang sering terlupakan, semoga rezeki yang di cari menjadi halal bagi keluarganya.

Resleting jebol? Jahitan jadi amburadul, atau kancing lepas, tenang ada mamang tukang jahit keliling yang siap mereparasi celana ataupun baju, mau ngecilin, atau memotong bahan dengan jahitan yang rapi? Semua beres, si mamang senang kita juga ikut senang karena apa yang kita inginkan dengan pakaian kita bisa di perbaiki.

Banyak sekali orang orang biasa yang sebenarnya adalah hero dalam kehidupan kitam mereka mengais rezeki dengan keahlian yang di punya, coba kalau nggak ada si mamang yang datang, tuh celana bingung mau diapain sedangkan waktu kondangan atau pun kerja nggak bisa di tunda, malu kan pakai celana robek, hehehe.

Pokoknya mah hidup lah Mamang Mamang Tukang, meski sering du lupakan orang tapi kehadiran mereka adalah pahlawan bagi kita semua, sudah service apa hari ini, perbaiki payung, ngesol sepatu atau benerin resleting? Tenang ada Si mamang tukang deh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar