Pages

Rabu, Februari 14, 2018

Dari Sebuah Iklan Mie Instant Kok Jadi Pengen Ke Talaud Ya ?



                                         Iklan ini nih yang bikin mupeng ke Talaud

        Bila Sabang di Barat Indonesia dan juga Merauke di Timur Indonesia udah legend bingit, kok yang paling Utara dan Selatan Indonesia nggak begitu familiar, sejujurnya bahwa ada perbatasan negara Indonesia bernama Talaud berawal dari melihat iklan mie instant, nggak nyebut merk ya, tapi iklan itu kuat banget brandingnya dengan sebuah iklan yang menggambarkan rupawannya nusantara dan juga kesuburannya, sebuah backsound lagu yang melukiskan betapa hebatnya Indonesia, makin kita bangga aja nih dengan negeri tercinta.

Ya akhirnya iklan itu mengantarkan saya untuk membuka buka buku, dulu mah belum ada google jadi perlu ke perpustakaan dulu atau ngintip ngintip baca di toko buku. Tapi sekarang sih tinggal klik saja maka tersaji pula apa yang kita ingin ketahui dengan ujung jari. Maka ketika paketan kuota masih kenceng, browsing deh tentang perbatasan negara Indonesia yang paling utara, Talaud.

                         Pantai Melonguane dengan pasir putih kerennya(dok:www.talaudkab.go.id)

Talaud merupakan salah satu provinsi di Sulawesi Utara yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Sangihe & Talaud. Kepulauan Talaud adalah wilayah yang berbatasan dengan Davoau del Sur, Filipina. Daerah yang mempunyai motto Sansiote Sampate-Pate, mempunyai tanggal peresmian 10 April 2002. Masih tergolong kabupaten baru jika melihat tanggal peresmiannya.

Kabupaten Kepulauan Talaud mempunyai pantai yang keren, dari berbagai sumber bacaan bahwa kepulauan terluar ini sering di sebut bibir Pasifik karena secara geografis Talaud berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah Timur, yang terdiri dari 20 pulau. Nama Talaud atau Taloda dan di sebut juga Poradisa atau Paradise yang berarti surga.

Karena saya suka pantai, ternyata Talaud punya spot pantai yang keren abis, lebih keren deh kayaknya dari pantai yang menjadi film The Beach yang di bintangi Leonardo De Caprio. Ada pantai Melonguane dengan air lautnya yang hijau dengan pasir putih nan memikat, rasanya pengen cepet cepet nyebur gitu deh. Ada juga pantai Tambioe Beo yang saat matahari terbitnya begitu menggoda.

                         Duh keren banget sunset di pantai Tambioe-Beo(dok www.talaudkab.go.id)


Rasanya pengen nabung dan menuju ke Talaud setelah cukup duit, pengen tahu dan mau nanya ke orang orang di sana, gimana sih rasanya menetap di daerah perbatasan, apakah mereka bangga sebagai orang orang yang perbatasan dengan negara lain? Kalau saya sih pengen liat spot terumbu karang nya juga lho. Atau di Talaud nyari orang orang yang hobi ngeblog misalnya, kali aja ada dan bisa tukar pikiran. Bagaimana misalnya memperkenalkan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai tujuan wisata jempolan, mengingat pantai pantai di Talaud begitu mempesona bingit.

Semoga terpatri selalu rasa nasionalisme kawan kawan di Talaud, bahwa mereka tetaplah berbendera merah putih, semoga juga pemerintah pusat pun lebih concern dengan daerah daerah di perbatasan sehingga mereka pun tetap mencintai Indonesia. Dari sebuah jingle iklan mie instant terkuak sebuah pesona nan rupawan bernama  Talaud yang memiliki kecantikan alam yang layak di kunjungi, semoga saja satu saat bisa mengunjungi Talaud pada satu ketika dan sepuasnya berenang di pantai yang berpasir putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar