Pages

Jumat, Maret 23, 2018

Serasa Masih Kanak Kanak Saat melihat Koleksi Mainan Tjakep





                                      Salah satu koleksi favorit, miniatur Sienta yang kap belakangnya bisa terbuka(dokpri)
           

Beruntung banget punya bokap yang dulu memperhatikan mainan bocah, hampir semua bentuk mainan favorit pernah di miliki sewaktu kecil, mulai robot robotan, mobil mobilan, replika senapan hingga miniatur serdadu ala film film dan dongeng HC Andersen. Meski berada di kampung yang terletak di kaki gunung Ciremai, namun koleksi mainan saat itu cukup lengkap. Masih ingat saat juara kelas dan akhirnya bapak menghadiahkan sebuah robot robotan yang di operasikan dengan tenaga baterai, dengan tameng dan senapan di tangannya, robot berjalan dan memutar tubuhnya ala film Robocop.
Pernah juga bapak membelikan mainan berbentuk mobil ambulance yang kap mesinnya bisa di buka, atau membelikan mobil jeep yang sering di pakai untuk inspeksi pasukan. Belum lagi jika ada orang hajatan yang di sana ada beragam tukang mainan. Bejibun banget deh soal mainan, dari mobil mobilan yang terbuat dari kaleng dan populer di tahun 80an, hingga mobil mobilan yang terbuat dari plastik dengan harga sekitar 25 perak.

Sejujurnya masa kecil dengan memiliki koleksi mainan adalah sepotong masa kecil yang teramat indah, di samping mengkoleksi majalah anak anak ya saat itu. Hingga saat ini pun selalu suka dengan koleksi mainan berbentuk mobil mobilan, kapal terbang atau pun bentuk perahu. Acap kali lama berdiri di etalase untuk sekedar mengagumi aneka pajangan miniatur mobil. Meski masa bermain sudah lewat tapi kegemaran untuk menyukai pernak pernik mainan tak pernah pupus.

Sewajarnya memang dunia anak anak pastinya memiliki mainan, dengan mainan ada imajinasi yang sebenarnya baik bagi perkembangan motorik anak, bersyukur banget deh saat itu bokap alias bapak sangat concern untuk urusan mainan, meski memang mainan yang saya punyai biasanya bareng bareng dengan yang di punyai kakak, bahkan jika kakak lelaki saya udah bosan dengan mainannya maka otomatis mainan tersebut di “wariskan” kepada saya hehehe.

Selalu suka dengan film Toys Story ataupun Small Soldier yang temanya tentang mainan, rasanya deket bingit dengan kehidupan masa kecil, ngeberantakin mainan, atau sekedar memajang mainan di tepian jendela rumah adalah hal yang menyenangkan. Sering kali juga mengundang teman teman sebaya untuk menikmati main bersama dengan mainan yang saya punya. Rasa kangen akan selalu ada, rasanya raungan mobil mobilan  ambulance yang kap nya terbuka baru kemaren di mainkan.

                                      Miniatur kapal phinisi yang terbuat dari kerajinan perak, bikin mupeng aja(dokpri)

Oh iya saya selalu suka juga dengan mainan delman delmanan, bentuk miniatur delman yang lengkap dengan kuda nya yang bisa di bongkar pasang, ada dua orang di delman tersebut yang satu di depan sebagai sais dan satunya lagi sebagai penumpang atau mungkin jadi keneknya, dan mainan terbuat dari plastik itu sering di perjual belikan saat ada acara hajatan ataupun tukang mainannya berkeliling. Saat menarik mobil mobilan sambil menirukan bunyi mobil, serasa jadi supir yang handal, hmm rasanya pengen balik lagi ke zaman di mana keruwetan akan terhapus dengan bermain. Kebahagiaan saat itu benar benar natural deh, rasanya asik banget berkonvoy narik mobil mobilan dengan tali plastik dan main balapan hingga mobil terguncang bolak balik seraya menikmati itu semua dengan tawa yang lepas, dunia bocah memang begitu menyenangkan dan moment tersebut begitu mempesona.
Bila kamu merasakan kebahagiaan yang sama ketika mengenang indahnya moment bermain dengan mobil kesayangan di masa lalu, berarti hidup kita saat itu begitu bahagia, setuju?

1 komentar:

  1. Waah,yang seperti ini mah koleksi cucu bunda yang sekarang. Koleksi mobil2an seperti ini cukup mengeruk kocek juga, tapi memang lucu dan antik sih, ya. Persis aslinya.

    BalasHapus